Jumat, 23 Maret 2018

Metode Memilih Jenis Server yang Pantas dengan Bisnis Anda

Distributor Hewlett Packard SurabayaPada saat mulai merintis layanan startup jangan pernah menyepelekan tentang pemilihan ragam server yang nantinya akan Anda digunakan. Karena hal ini dapat menjadi suatu faktor prioritas yang memutuskan keberhasilan usaha Anda di masa depan. Menurut yang semestinya dipikirkan pertama kali sebelum memilih ragam server adalah mencari tahu kebutuhan Anda sendiri.
Bagaimana jika server akan digunakan untuk keperluan high, menengah, atau hanya diaplikasikan untuk menyimpan data. Dengan mencari tahu kebutuhan di permulaan, Anda kemudian baru bisa memastikan macam server yang sesuai untuk usaha  Anda.

Metode Memilih Jenis Server yang Pantas dengan Bisnis Anda


Saat ini kebutuhannya, macam server dibagi ke dalam empat kelompok, merupakan Value server, Midrange server, Blade server, dan Enterprise server. Seperti apa kegunaan dan kelebihan dari masing-masing server ini? Mari Kita lihat lebih jelas ulasannya dibawah ini:
Value server
Value server biasanya juga disebut juga dengan nama server tahap awal. Server jenis ini umumnya diterapkan dalam suatu jaringan yang mempunyai jumlah computer atau client yang sedikit, kira-kira untuk sepuluh hingga dua puluh PC.
Value Server bisa berbentuk tower atau rackmount. Server entry level yang berbentuk rackmount sangat banyak diaplikasikan karena formatnya yang tidak memakan tempat dan gampang diletakkan pada rak server.
Tipe server ini sangat sesuai untuk perusahaan skala kecil untuk dibuat sentra data perusahaan dan juga untuk bisnis warnet.

Midrange server
Untuk perusahaan dengan jumlah user computer antara dua puluh hingga seratus orang dapat menggunakan server tipe ini. Midrange server mempunyai spesifikasi dan kemampuan yang lebih bagus dibandingkan server jenis entry level. Rata-rata midrange server sudah dilengkapi dengan cooling sistem dan penyuplai energi back up untuk menjaga server konsisten menyala terus.

Midrange server bisa menangani sebagian tugas secara berbarengan. Server ini bisa melakukan sebagian tugas sekaligus, seperti pengatur jaringan, mengatur metode pembagian file, dan melakukan print-sharing.

Perhatikan midrange server yang Anda beli mempunyai fitur ekstension sehingga bisa menampung lebih banyak data saat perusahaan tumbuh dengan cepat. Beberapa, server model ini menawarkan ekstension untuk bagian prosesor, kapasitas penyimpanan, dan memory RAM.

Blade server

Macam Blade server tidak mempunyai spesifikasi yang amat tinggi, meskipun begitu server macam ini memiliki keunikan tersendiri jika diperbandingkan dengan macam value dan midrange server. Blade server tersusun pada sebuah rak yang mempunyai sirkuit yang sama dengan RAM, prosesor, dan ruang penyimpanan data yang saling terintegrasi satu sama yang lainnya.
Model desain rak blade server memungkinkan digabungkannya ratusan server pada satu rak saja. Server dengan model ini terhubung dengan sebuah kabel yang dibentuk secara pararel. Oleh sebab itu, server ini bisa mengaplikasikan suplai energi, pendingin, dan ruang penyimpanan secara beriringan.
Sebab server ini mempunyai fitur pluggable (mudah dibongkar dan dipasang), maka apabila ada salah satu server yang tidak berfungsi, server bisa diganti dengan server lainnya tanpa menganggu kinerja dari jaringan yang telah berjalan.
Tipe server ini tepat untuk usaha kelas middle ke atas, seperti penyedia jasa web hosting, laman berita, dan website perdagangan online.
Enterprise server
Enterprise server yakni jenis server paling tinggi. Server ini mampu menciptakan daya kerja dan reliabilitas yang diperlukan untuk tugas yang berat dan banyak. Enterprise server mampu menampung lebih dari seribu pemakai yang bergantung kepada database yang sangat besar.
Server ini biasanya digunakan oleh perusahaan besar, seperti jasa aviation, banking, kantor pemerintahan, distributor besar, stasiun TV, rumah sakit,dan penyedia game online.
Enterprise server umumnya dibentuk di dalam ruangan khusus dengan bentuk seperti rak yang berisi komputer. Server tipe ini membutuhkan ruangan yang cukup lega dengan cara pendinginan ruangan yang optimal supaya server mampu bekerja dengan baik.

Kegagalan fungsi server, meskipun hanya satu menit, dapat mengakibatkan kerugian yang cukup signifikan bagi usaha yang mengaplikasikannya. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk menentukan server yang dapat dipercaya setiap saat.
Menentukan server yang pas akan berpengaruh pada performa usaha, sebaliknya kekeliruan dalam menentukan server bisa berdampak jelek, bisa berupa server yang tidak dapat menampung pekerjaan user atau kantor membeli server yang fasilitasnya tidak sepenuhnya bisa diterapkan sehingga tidak efektif dalam hal keuangan. Kesalahan ini bisa mengakibatkan perusahaan rugi dari sisi financial, kekeliruan ini malah didasari oleh pengetahuan yang kurang tentang server.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips untuk Menambah Tinggi Badan Usia 17 Tahun

Mempunyai badan yang tinggi pas yaitu salah satu idaman setiap orang. Sebab selain mendukung penampilan tentunya badan juga nampak lebih seh...