Rabu, 12 April 2017

Tips Mengatasi Cat yang Terkelupas


Apakah kalian pernah mendapati dinding rumah kalian cat mengelupas, padahal belum lama dicat. Jika hal ini terjadi, biasanya kalian berfikir bahwa buruknya kualitas cat yang digunakan tanpa mencari sumber penyebabnya terlebih dahulu.
Perlu diketahui, pengelupasan cat dinding atau disebut flaking dapat disebabkan oleh kondisi dinding yang masih lembab. Misalnya karena rembesan air dari talang rumah yang kontruksinya kurang baik, posisi dinding yang bersebelahan dengan taman, atau proses pengerjaan dinding yang kurang baik.
Jika masalahnya adalah kualitas dinding yang kurang bagus, baik itu karena campuran semen dan pasir yang kurang pas maupun proses pengeringannya yang belum cukup umur sehingga dinding masih mengandung garam alkali yang tinggi, maka hal ini memang cukup menyulitkan. Sebab kita harus merenovasi ulang dinding rumah, karena masalahnya sudah menyangkut kontruksi rumah.

Jika tembok sudah cukup baik, kemungkinan penyebab mengelupasnya dinding adalah proses pengecatan yang kurang tepat, bukan juga dari kualitasnya yang buruk. Misalnya kondisi tembok belum benar-benar kering saat dicat, kualitas plamir yang digunakan tidak baik, tidak menggunakan cat dasar (alkali primer), atau cat dasar yang digunakan tidak sesuai dengan system pengecatan akhir, maka solusinya adalah mengecat ulang dinding tersebut.

Contoh dinding terkelupas



Tips praktis pengecatan ulang karena diniding terkelupas
Berikut tips praktis pengecatan ulang karena diniding terkelupas :
Apabila penyebabnya pengelupasan cat karena kebocoran, maka perbaiki terlebih dahulu sumber kebocoran tersebut agar air tidak merembes lagi kedinding.

  • Kerok lapisan cat yang terkelupas sampai terlihat permikaan dindingnya, kemudian bersihkan permukaan dinding dari debu dan kotoran. Setelah itu lapisi dinding dengan cat dasar atau alkali primer. Biarkan cat dasar yang sudah melapisi dinding tersebut mongering secara sempurna.
  • Gunakan cat tembok dengan kualitas yang baik yaitu memiliki daya rekat dan elastisitas yang baik. Sehingga daya tahan lebih lama dan tidak perlu terus-menerus mengulang pengecatan.

  • Gunakan cat tembok acrylic terutama untuk dinding bagian luar. Dalam pengecatan pastikan lapisan awal mongering secara sempurna. Setelah benar-benar kering kemudian aplikasikan lapisan kedua dan seterusnya. Semoga tips ini dapat berguna untuk kalian yang ingin memperbaiki cat dinding rumah yang mengelupas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips untuk Menambah Tinggi Badan Usia 17 Tahun

Mempunyai badan yang tinggi pas yaitu salah satu idaman setiap orang. Sebab selain mendukung penampilan tentunya badan juga nampak lebih seh...