Jumat, 31 Maret 2017

Memori Penuh? Inilah 5 Rekomendasi Cloud Storage Android Terkenal Sedunia!!

Cloud Hosting Indonesia - Cloud, cloud, cloud, dan cloud. Sistem penyimpanan data via awan (internet) ini sudah menjadi solusi bagi kita di saat ini. Dengan adanya cloud storage, kita jadi lebih gampang dalam menyimpan data maupun menjadikannya arsip. Data jenis apapun baik itu musik, audio, film, aplikasi, software, game, gambar, dan yang lainnya bisa kita simpan dalam cloud. Mungkin selama ini cloud yang biasa kita dengar hanya bisa diakses lewat PC/Laptop, namun nyatanya tidak. Para penyedia jasa layanan cloud juga berinovasi dengan menghadirkan layanan cloud dalam versi Android-nya. Apa kalian tahu cloud storage yang mana saja yang menjadi rekomendasi untuk Android? CEKIDOT!! 

1. Amazon Cloud Drive



Cloud storage terbaik yang paling utama adalah layanan cloud miliki Amazon. Selain Amazon jadi layanan cloud terbesar di dunia, cloud storage Amazon juga hadir dalam versi Android-nya. Amazon menawarkan penyimpanan untuk foto secara unlimited, sehingga semua momen yang kita abadikan dengan kamera kita bisa kita simpan tidak terbatas dalam cloud storage ini.  Akan tetapi kalau untuk penyimpanan video dan file lainnya, Amazon hanya memberikan ruang sebatas 5 GB. Selain itu, layanan ini hanya bisa dinikmati trial selama 3 bulan dan selebihnya harus membayar US$12 atau kurang lebih Rp 150.000,00/tahun

Amazon sangat direkomendasikan bagi mereka yang suka berbisnis atau punya perusahaan, namun tidak memiliki ruang banyak untuk menyimpan data - data perusahaan mereka. Untuk itu Amazon menyediakan penyimpanan untuk file apapun unlimited dengan membayar USD 60 atau Rp 700.000 per tahun. Sebagai perbandingan, Google Drive untuk 1 TB Rp 1,5 jutaan /tahun dan Dropbox 1 TB Rp 1,3 juta/tahun.

Layanan Amazon Cloud Drive ini aman digunakan, mendukung backup otomatis dan dapat diakses di semua gadget kita. Kekurangannya hanyalah ukuran upload per filenya dibatasi sebesar  2 GB.


2. OneDrive



OneDrive adalah layanan cloud milik Microsoft. Layanan ini memberikan ruang sebanyak 15 GB gratis untuk setiap pelanggan pertamanya. Layanan ini cukup mudah digunakan karena sudah terintegrasi dengan beragam layanan Microsoft, seperti Word, Excel, dan Powerpoint. OneDrive pun punya fitur backup otomatis untuk foto dan video, sehingga kita bisa berbagi file dengan mudah. Selain itu, OneDrive juga sudah terintegrasi dengan Android Wear yang ada pada smartwatch sehingga kita juga bisa melihat album foto kita. 

3. Box



Box merupakan layanan cloud yang memiliki tampilan yang sangat simple dibandingkan cloud storage lainnya. Box bisa kita unduh secara gratis di Play Store maupun store apk lainnya. Box menawarkan kapasitas gratis yang cukup banyak, yakni 10 GB dengan batas upload 250 MB. Akan tetapi kalau kita ingin ruang yang lebih dari itu, maka kita harus berlangganan dan membayar US$10 atau Rp 131.000/tahun untuk 25 GB.

Aplikasi ini memang benar - benar sederhana dan tidak memiliki fitur - fitur khusus. Cara kerjanya pun cukup mudah, tinggal upload, download, dan share (bagi file). Namun masih ada kemungkinan untuk mengedit maupun mengomentari file yang tersimpan. Box juga punya widget yang akan memberitahu kita kalau ada perubahan dokumen bersama.


4. Dropbox



Siapa yang ga kenal sama Dropbox? Dropbox memang sangat terkenal belakangan ini dan diklaim menjadi salah satu cloud storage terbaik. Layanan cloud ini menawarkan ruang penyimpanan dalam jumlah 2 GB pada awalnya, namun bisa kita kembangkan menjadi 16 GB kalau tahu triknya. Dibandingkan dengan cloud storage lainnya, Dropbox memiliki tampilan yang lebih menarik, unik, kreatif, dan gratis dengan fitur backup yang cukup mudah. Cloud ini juga bisa digunakan serta diakses pada gadget manapun. 

5. Google Drive



Beberapa dari kalian mungkin sudah mendengar Google Drive sebagai layanan cloud milik Google yang juga memberi ruang atau kapasitas yang lumayan banyak untuk kuota gratisnya, yakni 15 GB. Namun saat ini Google Drive tidak hanya bisa diakses lewat PC/Laptop, gadget manapun termasuk Android juga bisa mengakses layanan cloud besutan Google ini. 

Fitur - fitur cloud yang ada pada Android ini, juga lumayan lengkap dan mendukung untuk produktivitas. Seperti fitur Google DocsGoogle Sheets, dan Google Slides. Dengan adanya fitur - fitur tersebut, kita bisa bekerja kapanpun kita mau dan dimana saja hanya dengan menggunakan smartphone. Selain itu, kita juga bisa bekerja dengan rekan kita untuk mengedit pekerjaan secara bersama - sama.

Itulah beberapa layanan cloud storage terbaik di dunia yang bisa menjadi rekomendasi bagi kita. Sebenarnya masih banyak layanan cloud lainnya yang bisa memberikan ruang penyimpanan data yang banyak, namun semua itu tergantung selera. Ada Vibicloud, MiCloud, iCloud, dan cloud - cloud lainnya. Selain itu kalau mau data kita tidak hilang maupun terancam oleh para dedemit dunia maya (hacker), kita juga harus mau jadi hacker. Namun dengan syarat, gunakanlah ilmu yang kita miliki untuk membantu orang dan menolong sesama. Jangan disalahgunakan apalagi menggunakannya untuk kepentingan diri sendiri. 

Demikian, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips untuk Menambah Tinggi Badan Usia 17 Tahun

Mempunyai badan yang tinggi pas yaitu salah satu idaman setiap orang. Sebab selain mendukung penampilan tentunya badan juga nampak lebih seh...