Kamis, 20 Juli 2017

Perbedaan 3G dengan 4G

Pada tahun ini teknologi 4G sudah mulai menyebar ke masyarakat tapi bagaimana dengan nasib 3G ? tenang 3G masih ada untuk penguna di dearah yang belum masuk ke daerah 4G , sekarang kecepatan 3G sudah mulai membaik dari pada yang dulu dan bahkan banyak provider yang menawarkan internet murah super kuota.Mengenai 3G dan 4G saya akan membagi beberapa perbedaan dari jaringan tersebut.

Apa itu jaringan 4G ?
4G merupakan jaringan yang memiliki teknologi maju yaitu LTE (Long Term Evolution) berbeda dari generasi sebelumnya , jaringan 4G merupakan koneksi tercepat dimasa kini yang kecepatannya hingga 1 Gbps.
Generasi G dari mobile signal ?
GPRS ( General Packet Radio Service ) ini merupakan kecepatan internet terlambat yang ada diponsel kalian dan GPRS dianggap sebagai generasi kedua dari kecepatan masa sebelumnya , dengan kecepatan data 56-114 bit/detik.
3G merupakan generasi ketiga dari perkembangan jaringan masa sebelumnya yaitu dengan kecepatan data 384 bit/detik kecepatan ini mengalahkan GSM dan EDGE.
4G merupakan perkembangan jaringankoneksi internet masa kini yang melampaui generasi sebelumnya , jaringan ini mempunyai kecepatan hingga 1 Gbps ya walau masih dalam tahap perkembangan tapi jaringan 4G sudah dikenal hampir seluruh indonesia.

Perbandingan 3G dan 4G

3G
4G
Data troughput
3.1 mbps , kecepatan rata-rata 0,5-1,5 mbps
2-12 mbps tapi secara teroritis kecepatan bisa hingga 100-300 mbps
Tingkat unduh
100 Mbps
1 Gbps
Tingkat uploud
5 Mbps
500 Mbps
Switching
Packet swirching
Packet switching , pesan beralih
Artistektur jaringan
Berdasarkan wide area sel
Intergrasi nirkabel LAN dan Wide area
Layanan dan aplikasi
CDMA 200 , EDGE , UMTS , dll
Wimax-2 dan Long Term Evolution Advenced ( LTE-A )
Koreksi kesalahan
Kode turbo untuk mengkoreksi yang tersambung
Kode tersambung
frekuensi
1,8-2,5 GHz
2-8 GHz

Perbedaan kecepatan 3G dan 4G

4G tampak nya mendominasi dari pada 3G karena kecepatannya dapat melampaui generasi sebelumnya namun itu semua tergantung faktor layanan seluler menawarkan dari HSPA+4G menjadi utuh 4G menurut saya itu tidak efektif , karena akan memperlambat juga kecepatan jaringan. Dari pada LTE-A yang sekarang kecepatannya lebih unggul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tips untuk Menambah Tinggi Badan Usia 17 Tahun

Mempunyai badan yang tinggi pas yaitu salah satu idaman setiap orang. Sebab selain mendukung penampilan tentunya badan juga nampak lebih seh...